5 Tip Menempatkan Lampu di Dalam Ruangan

Image result for 5 Tip Menempatkan Lampu di Dalam Ruangan

Pencahayaan yang baik begitu memberi dukungan interior ruang, baik dari sisi manfaat atau estetika. Lihat peletakan lampu di ruang seperti lima panduan di bawah ini.

  1. Bentuk ruangan. “Apakah ruangan hiasan dinding kamar berupa bujur sangkar, persegi panjang, bulat, atau asimetris begitu memastikan juga bentuk atau mode lampu yang dipakai,” sebut Martin Lim, CEO PT Serip Amodara Indonesia. Untuk ruangan bujur sangkar pakai lampu gantung berupa bulat atau kotak. Untuk ruangan persegi panjang, Martin merekomendasikan mode lampu chandelier atau oval. Sesaat untuk ruangan bulat pakai juga chandelier bentuk bulat juga. “Untuk ruangan asimetri pas tempatkan produk Serip yang dapat dibuat sesuai dengan keinginan. Contoh, satu chandelier di dalam ruang atau peletakan beberapa lampu di sejumlah vocal poin ruang,” lebih Martin. 
  2. Ukuran ruangan. Besar kecilnya ruang ikut memastikan ukuran lampu. Ukuran ruangan, menurut Vita, berlaku pada besarnya furniture. “Misalnya, luas meja makan merubah jumlahnya lampu yang perlu dipasang,” katanya. Sesaat menurut Martin, tinggi ruang memastikan penempatan lampu. Semestinya lampu bisa kelihatan jelas oleh mata tanpa ada mengganggu kegiatan di ruang itu. 
  3. Manfaat ruangan. Menurut Budiman Ong, creative director dari Ong Cen Kuang, yang tinggal di rumah harus tahu apa yang ingin dikomunikasikan dari setiap ruang. “Begitu dengan mood yang ingin dibuat,” tuturnya. Mode lampu serta pendaran sinar dapat memberi pengalaman berlainan pada ruang umum atau ruangan privacy yang dihuni. 
  4. Kesesuaian. Khususnya dengan beberapa benda sekelilingnya supaya tidak ada yang ‘berteriak’ ingin jadi titik konsentrasi. “Ruangan akan kelihatan tidak seimbang, bila semua ide sama-sama berlawanan serta merampas perhatian,” tutur Budiman. 
  5. Warna lampu. Warna kuning baik diletakkan dalam ruang yang ingin memperoleh kesan-kesan lebih hangat. Pada pencahayaan yang kuat, warna ini dapat membuat atmosfer ruang jadi lebih menegangkan. Semestinya warna ini isi ruangan tamu serta ruangan makan. Untuk warna putih, pas diaplikasikan pada design yang ingin menonjolkan bagian moderen, di ruang yang mobilitasnya cukuplah tinggi, seperti dapur, ruangan baca, serta ruangan kerja.

Komentar

Postingan Populer