Menentukan Sepatu Riding yang Tepat

Untuk kamu yang suka melakukan touring motor setiap akhir pekan, tentu paham benar dengan yang namanya Safety Gear. Nah, perlengkapan keselamatan atau Safety Gear bukan saja masalah helm, sarung tangan, dan jaket, namun juga sepatu lho. Yup, selain tangan, kaki juga jadi salah satu bagian anggota tubuh yang sering alami cidera saat terjadinya kecelakaan.

Oleh karenanya, memilih sepatu untuk riding juga tidak bisa asal-asalan. Anda harus memilih sepatu riding terbaik untuk meminimalisir terjadi cidera saat mengendarai sepeda motor. Namun salah satu hal yang perlu diingat yaitu sepatu untuk riding ada banyak macamnya, dan bergantung keperluan yang Anda butuhkan. Contoh saja ada sepatu balap, sepatu untuk tur, dsb. Nah, agar tidak salah pilih dan bermanfaat untuk melindungi bagian kaki saat berkendara, sebaiknya simak beberapa tips memilih sepatu riding berikut ini :

1. Tentukan sepatu riding yang Anda inginkan. Ada yang tipe standar, sepatu balap, sepatu touring, dsb. Standar sepatu riding biasanya bentuknya cukup panjang sampai pergelangan kaki dan biasanya diperkuat. Sepatu ini dapat memberikan perlindungan dari panas knalpot.
2. Baiknya pilih sepatu riding yang memiliki perlindungan pada pergelangan kaki yang baik. Perlindungan pergelangan kaki yang baik dapat memberikan Anda kepercayaan diri saat mengendarai motor.
3. Bila memungkinkan, pilih sepatu riding yang memiliki bantalan shifter. Biasanya jenis sepatu ini lebih nyaman dan tahan lama.
4. Pastikan sol dan “heal” sepatu terbuat dari bahan kwalitas terbaik. Heal yang baik akan memberikan Anda kestabilan dan grip dalam segala cuaca.
5. Sepatu riding idealnya terbuat dari bahan kulit. Bahkan untuk kemampuan “nafas” yang lebih baik, beberapa sepatu riding memiliki ruang ventilasi yang terbuat berbahan Gortex. Ventilasi ini penting agar kaki Anda tetap nyaman, terlebih saat berkendara di musim panas.
6. Pastikan daerah yang rentan cidera pada kaki memiliki bahan berlapis pada sepatu yang akan dibeli. Biasanya, sepatu riding yang baik memiliki Kevlar di sekitar ankle dan betis.
7. Pilih sepatu riding yang tahan air. Pasalnya, selain karena Indonesia memiliki curah hujan yang cukup tinggi, sepatu riding tahan air akan membuat kaki tetap kering saat mengendarai motor di musim hujan.

Nah, itulah beberapa poin yang perlu diperhitungkan sebelum membeli sepasang sepatu riding. Buat Anda yang hobi melakukan perjalanan jauh, tempat jual sepatu safety di semarang ini adalah salah satu Safety Gear yang wajib dimiliki.

Komentar

Postingan Populer