5 Manfaat Menggunakan Rompi Safety

Related image

sepatu safety - Bila Kamu lihat sekitar Kamu, Kamu juga akan temukan beragam pekerjaan konstruksi dilakukan dimana-mana. Baik itu pembangunan gedung, jalan, jembatan, pekerjaan di ruang pertambangan, atau melakukan perbaikan dan merenovasi susunan lama yang ada. Semua pekerjaan itu memerlukan beragam pekerjaan lebih kecil yang banyak dan rumit. Pekerjaan-pekerjaan ini senantiasa dihubungkan dengan peluang terjadinya bahaya kecelakaan kerja. Beragam peluang munculnya kecelakaan dapat bersumber dari beragam hal, seperti :

  • Kecelakaan karena jatuhnya potongan material pada pekerja. 
  • Tertabrak/terlindas alat berat atau kendaraan. 
  • Kecelakaan yang dihadapi orang yang melintas di ruang pekerjaan tanpa ada mengerti bahaya yang mungkin terjadi. 

Oleh karenanya, di beberapa ruang kerja yang berisiko tinggi diharuskan memakai baju yang bisa terlihat dengan terang, bukan sekedar di waktu siang tetapi juga pada keadaan gelap. Biasanya yang dipakai jadi pemberi tanda yaitu rompi safety, meskipun ada pula yang memakai seragam kerja yang diperlengkapi dengan pita memiliki bahan reflektif.

Rompi safety biasanya memiliki warna yang sangat cerah, seperti oranye atau hijau. Rompi ini diperlengkapi dengan pita reflektif berwarna abu-abu keperakan, hingga dalam kondisi gelap meskipun, rompi ini dapat memantulkan cahaya hingga orang yang memakainya dapat terang terlihat. Visibilitas ini sangat penting untuk menghindari dari tertabrak alat berat atau kendaraan. Orang yang lain yang bekerja dengan perlengkapan, apakah itu alat berat, kendaraan atau perlengkapan yang lain dapat mengidentifikasi obyek itu jadi manusia, bukanlah bagian dari benda-benda yang berada di situ.

Manfaat dari memakai rompi safety ini diantaranya :

Dapat Terlihat Dalam Keadaan Gelap

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, warna yang cerah yang pita reflektif buat rompi safety ini dapat terlihat dengan mudah oleh orang yang lain yang melakukan pekerjaan memakai alat berat, kendaraan atau perlengkapan yang lain. Dengan hal tersebut peluang terjadinya kecelakaan dapat dikurangi.

Buat Orang Beda Jadi Waspada

Penentuan warna seperti kuning, oranye atau hijau bukanlah tanpa ada alasan. Beberapa warna ini adalah beberapa warna yang bisa terlihat pada jarak yang jauh. Oleh karenanya, pengemudi di jalan atau pekerja beda di lokasi pekerjaan dapat mengidentifikasi pengguna rompi dari terlalu jauh dan perlambat kecepatan kendaraan.

Kenyamanan

Walau kebanyakan orang mengerti rompi safety ini sangat bermanfaat dan efisien. Namun sering terjadi pekerja berasumsi rompi ini mengakibatkan kenyamanannya dalam bekerja jadi terganggu. Hal semacam ini adalah problem rutinitas saja. Fakta tunjukkan, setelah dipakai sekian waktu lamanya, orang juga akan rasakan kenyamanan. Bahkan juga pada beberapa orang, mereka juga akan merasa tidak nyaman apabila tidak memakai rompi safety.

Membuat perlindungan dari Air

Terkecuali kenyamanan, segi beda yang sangat untungkan dari rompi safety yaitu tahan air. Meskipun tidak semua rompi safety memiliki feature ini. Pada beberapa type rompi safety, rompi safety dapat membuat perlindungan penggunanya dari air hujan atau angin. Meskipun badan berkeringat, namun rompi safety dapat membuat perlindungan atau minimum kurangi efek terkena angin.

Harga yang Relatif Murah

Biasanya harga rompi safety relatif terjangkau dan harusnya tidak jadi alasan untuk perusahaan tidak untuk beli rompi safety untuk karyawan-karyawannya yang bekerja di lokasi beresiko. Dibanding dengan kerugian yang juga akan muncul saat terjadi kecelakaan kerja misalnya kerugian finansial, kewalahan dan waktu, harga rompi safety sangat murah.

Bila Kamu adalah entrepreneur yang menggerakkan bisnis yang terkait dengan kemungkinan tinggi seperti konstruksi atau pertambangan, adalah satu kewajiban untuk Kamu untuk sediakan rompi safety untuk karyawan-karyawan Kamu.

Komentar

Postingan Populer