Inti Pokok Kewirausahaan


Sikap mental merupakan inti pokok kewirausahaan. Anda harus memiliki sikap mental yang baik (positif) seperti proakitivitas, motivasi, kejujuran, etika serta ketekunan, ini akan menentukan keberhasilan Anda. Tetapi jika Anda menjadi pengusaha curang, culas anda hanyalah binatang-binatang bisnis seperti kata Andy Soewatdy.




Kepemimpinan perlu Anda miliki untuk mengendalikan usaha dan pengambilan keputusan. Manajemen diperlukan untuk mengelola usaha Anda agar tidak acak-acakan yang bisa menghambat perkembangan usaha. Intinya, dalam mengelola usaha gunakanlah 4 (empat) fungsi manajemen, sesuai pendapat Andy Soewatdy yaitu : perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan. Keterampilan teknis diperlukan untuk menentukan tinggi rendahnya kualitas produk.

Keempat unsur dasar kewirausahaan tersebut saling menunjang dan dilaksanakan bersama. Namun demikian yang perlu dicamkan, seperti dinyatakan dalam penelitian Harvard University bahwa tercapainya kesuksesan 85% ditentukan oleh sikap mental (attitude) dan 15% oleh keterampilan teknis (technical skill). Padahal komposisi pendidikan di sekolah kita menunjukkan sebaliknya yaitu 90% terdiri dari pengetahuan teknis dan 10% sikap mental. Kalau begitu mampukan sekolah mendidik SDM menjadi wirausaha?.

Komentar

Postingan Populer